Pertolongan Pertama Pada Saat Kecelakaan - ruangmedis.com

Ruang Medis - KECELAKAAN, Pertolongan Pertama Pada Saat Kecelakaan - Ruangmedis.com

Hidup di alam terbuka diperlukan kesiapan ekstra dari berbagai aspek seperti misalnya kesiapan mental, pengetahuan dan wawasan umum yang mumpuni, kesiapan fisik, kesiapan jiwa dan lain sebagainya demi terkendali dan teratasinya aktivitas kita di setiap hari.  Menjalani aktivitas dengan menggunakan kendaraan di jalanan diperlukan pengetahuan tentang peraturan lalu lintas dan kesiapan mental serta fisik yang matang. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari resiko atau kejadian yang tidak diinginkan oleh kita semua misalnya, terjadi kecelakaan.

Ruangmedis.com mencoba memaparkan kiat-kiat apa saja yang harus dipersiapkan dan bagaimana penanganannya pada saat terjadi kecelakaan lalu lintas. Bagi Anda yang sering beraktifitas menggunakan kendaraan sebagai alat transportasi pribadi, silahkan simak artikel berikut ini yang akan membantu menambahkan wawasan bagi Anda. Berikut ulasannya ;

Hal paling pertama harus Anda persiapkan yaitu perlengkapam P3K, seperti kain kasa steril, betadine, plester, sarung tangan sekali pakai habis buang, cairan pembersih luka dan kantong plastik serta masker penetralisir debu dan kotoran.

Ruangmedis.com dalam hal ini memfokuskan kepada misalnya korban kecelakaan kendaraan bermotor yang dimungkinkan mengalami pendarahan, patah tulang, syok, kaki atau tangan kesleo, luka bakar atau pun mengalami pingsan. Ruangmedis.com akan menguraikan cara penanganan permasalahan yang kemungkinan dialami tersebut ;

1. Jika Korban Telah Mengalami Pendarahan


Hal yang lumrah terjadi pada saat kecelakaan kendaraan bermotor maka si korban mengalami pendarahan (tidak semua). Nah, dalam hal ini apabila Anda melihat si korban mengalami pendarahan yang cukup serius maka segeralah Anda bergegas untuk menghentikan pendarahan si korban agar tidak terus mengalir. Pendarahan si korban bisa Anda hentikan dengan cara membalut sumber mengalirnya darah dari bagian tubuh ternetu si korban dengan menggunakan kain bersih atau pun apabila Anda membawa perlengkapan P3K, Anda bisa membalutnya dengan menggunakan kain kasa steril dan ditambahkan dengan kain yang cukup.

Pertolongan pertama pada saat kecelakaan
Korban kecelakaan lalu lintas mengalami pendarahan

Hal berikutnya yang Ruang Medis sarankan kepada Anda sebelum menangani pendarahan pada si korban, usahakan tangan Anda memakai sarung tangan sekali pakai. Sarung tangan yang Anda gunakan akan membantu Anda untuk mengantisipasi terjadinya penularan penyakit yang ada pada tubuh korban (antisipasi).

Apabila Anda menemukan korban dalam keadaan tubuh bagian tertentu korban tertancap suatu benda, maka Anda jangan sekali - kali mencoba untuk mencabutnya, serahkan pada ahlinya atau pada tim medis. Tindakan yang perlu Anda lakukan adalah dengan membantu si korban supaya benda yang tertancap tersebut tidak terus bergerak sehingga menimbulkan efek yang cukup. Langkah yang harus Anda ambil yaitu dengan sedikit menekan bagian kanan dan kiri pada sisi benda yang menancap tersebut dan balut lah dengan perban yang bersih.

Jika Anda menemukan korban yang bagian tubuhnya terputus misalnya jari tangannya terputus, maka jari yang putus tersebut bungkuslah dengan plastik atau lebih bagusnya plastik wrap dan bawa juga bagian tangan atau anggota tubuh yang lainnya serta tetap memperhatikan kesterilan dan keamanan pada tubuh Anda.

Hal terpenting yang harus Anda perhatikan yaitu selalu meminta bantuan MEDIS untuk menangani pendarahan atau luka serius pada korban, kecuali apabila korban hanya mengalami masalah medis ringan.

2. Jika Korban Mengalami Luka Bakar


Jika Anda berada dalam situasi dimana menemukan korban yang mengalami luka bakar pada saat kecelakaan kendaraan bermotor, misalnya luka bakar karena kulit korban terkena knalpot maka Anda yang sudah mempunyai bekal ilmu P3K lakukanlah tindakan dengan tepat. Luka bakar di bagian tubuh korban harus ditangani dengan cepat, tepat dan aman. Tindakan pertama yaitu dengan mendinginkan luka bakar di tubuh korban, yaitu dengan mendinginkan dengan dibasuh oleh air mengalir yang dingin tetapi bukan air es, kurang lebih selama 20 menit.

Pertolongan pertama pada saat kecelakaan
Korban Kecelakaan Mengalami Luka Bakar (Knalpot)

Hindarkan penggunaan salep, krim luka bakar, atau pun minyak pada luka bakar di tubuh korban. Sebaiknya korban cepat dibantu dan diatasi luka bakarnya jangan sampai lebih dari 20 menit setelah insiden kecelakaan.

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu dengan membungkus luka bakar tersebut dengan menggunakan plastik wrap dalam posisi longgar supaya tidak mengganggu pelapisan luka bakar tersebut. Apabila tidak ada plastik wrap, sebaiknya gunakan plastik tembus pandang yang bersih dan steril.

Langkah berikutnya agar si korban dalam keadaan nyaman dan aman, maka Anda perlu memperhatikan suhu tubuh korban agar terhindar dari kedinginan. Anda bisa menggunakan selimut atau jaket yang dibalutkan ke tubuh korban dan tidak mengganggu pada luka di bagian tubuh korban.

Sampai langkah ini Anda sudah sangat membantu korban dengan melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K). Selanjutnya Anda diharuskan mengantarkan korban ke Rumah Sakit untuk ditangani lebih lanjut.

3. Jika Korban Mengalami Keseleo


Hal yang perlu Anda ketahui bahwa keseleo pada saat kecelakaan disebabkan karena serat-serat ligamen sobek. Ligamen yang ada dalam tubuh manusia sangat berperan penting sebagai penghubung anatar tulang - tulang menyatu dan terbalutkan sendi - sendi agar tetap berada pada tempatnya di tubuh manusia.

Pertolongan pertama pada saat kecelakaan
Korban Kecelakaan Mengalami Keselo di Bagian Kaki

Korban mengalami keseleo biasanya terletak pada bagian pergelangan kakinya. Pada umumnya pergelangan yang keseleo akan berefek rasa sakit dan munculnya pembengkakkan.

Anda sebagai orang awam dapat memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan dengan cara medis sebagai berikut ;
  • Istirahatkanlah anggota tubuh yang mengalami keseleo
  • Kompreslah pembengkakan tersebut dengan menggunakan es, namun jika Anda mengguanakan es batu disarankan jangan terlalu lama mengompresnya karena dikhawatirkan akan merusak jaringan - jaringan pada kulit korban
  • Untuk mengurangi pembengkakkan, angkatlah bagian cedera pada korban tepat berada diatas dari posisi jantung

4. Jika Korban Mengalami Pingsan


Korban mengalami pingsan. Jangan kaget apabila Anda menemukan kejadian seperti ini. Korban pingsan salah satunya dapat ditimbulkan karena adanya gangguan pendarahan yang cukup serius pada korban. Kurangnya pasokan darah karena banyak yang terbuang mengakibatkan korban lemas dan kemungkinan akan tidak sdarkan diri (kurangnya pasokan darah ke otak).

Pertolongan pertama pada saat kecelakaan
Korban kecelakaan mengalami pingsan

Pertolongan pertama pada korban yang mengalami pingsan, sebagai berikut ;
  • Baringkanlah posisi korban di tempat yang cukup aman dan datar
  • Angkatlah kaki korban setinggi posisi jantung berada
  • Bukalah kancing kerang baju korban atau longgarkan lah ikat pinggang celana korban
  • Jangan menyuruh korban berbaring atau bangun dari tempat istirahatnya setelah 1 menit korban sadarkan diri, hal ini untuk menghindari si korban pingsan kembali
  • Sebelum ke langkah terakhir, Anda harus pastikan bahwa si korban masih dapat bernafas atau tidak. Jika korban sudah tidak bernafas maka berikanlah nafas buatan dengan menggunakan metode Cardiopulmonary Resuscitation (CPR)
  • Jika dirasa si korban belum juga sadarkan diri, langkah selanjutnya Anda harus menyerahkan korban ke tim MEDIS
Sahabat Ruang Medis yang semoga dalam keadaan sehat wal'afiat, itulah beberapa cara untuk memberikan "Pertolongan Pertama Pada Saat Kecelakaan". Jangan lupa untuk selalu siap sedia perlengkapan P3K dimanapun Anda berada dan kapan pun Anda beraktifitas. Mencegah lebih baik dari pada terjadi sakit kemudian diobati. Semoga ulasan artikel yang disajikan oleh ruangmedis.com ini dapat bermanfaat bagi Anda dan berguna bagi penulis. Aamin ya Robbal'alamin. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pertolongan Pertama Pada Saat Kecelakaan - ruangmedis.com"

Post a Comment