Pertolongan Pertama Pada Korban Kebakaran - Ruangmedis.com

Ruangmedis.com, P3K - Pertolongan Pertama Pada Korban Kebakaran - Ruangmedis.com

Suatu kejadian yang berdampak buruk bisa saja terjadi kapan, dimana, dan pada siapa saja. Hal yang perlu kita sadari bersama adalah kesigap sediaan diri masing-masing dalam menangani persoalan bencana atau suatu kejadian tak terduga yang menyebabkan bahaya pada diri kita. Misalnya bencana kebakaran, kita tidak tau kan peristiwa kebakaran tersebuat tiba-tiba misalkan menimpa kita (semoga saja tidak). Aamin.

Ruangmedis.com pada artikel sebelumnya sudah memberikan ulasan terkait "Pertolongan Pertama Pada Saat Kecelakaan". Nah, pada ulasan kali ini Ruangmedis.com akan memberikan ulasan yang masih menyangkut kategori P3K yaitu tentang "Pertolongan Pertama Pada Korban Kebakaran".

Sebagai makhluk sosial dan makhluk individu, manusia juga harus mampu survive dalam segala situasi dan kondisi yang ada. Oleh karenanya kita setidaknya dapat mengetahui kiat-kiat apa saja yang harus dilakukan ketika tertimpa bencana Kebakaran. Berikut ini ulasannya ; 

1. Memeriksa Tingkat Luka Bakar

Seseorang yang berkecimpung dalam dunia medis akan memperhatikan hal-hal mendasar sebelum melakukan tindakan lebih lanjutnya. Begitu pun sama hal nya bagi kita yang masih awam dalam dunia medis, minimalnya mengetahui terlebih dahulu langkah dasar dalam mengkategorikan tingkat luka bakar pada korban.

Ruangmedis.com berdasarkan referensi yang di dapatkan bahwa tingkat luka bakar dibagi menjadi 3 yang dilandasi terdapatnya kerusakan pada jaringan kulit si korban
  • Luka Bakar Tingkat 1
    Luka bakar tingkat 1 adalah luka bakar yang cukup ringan, luka bakar ini hanya terjadi karena adanya kerusakan pada lapisan kulit terluar. Biasanya ditandai dengan adanya pembengkakkan, muncul ruam kemerahan pada area tertentu dan terasa sakit pada area kulit yang terkena luka bakar tersebut.
  • Luka Bakar Tingkat 2
    Luka bakar tingkat 2 adalah luka bakar yang masih tergolong ringan apabila luka bakar tersebut masih berada pada batas tidak lebih dari 3 inchi atau sekitar 7,5 cm. Namun jika luka bakar pada korban melebihi dari itu, maka luka bakar tersebut masuk pada kategori luka bakar berat. Luka bakar tingkat 2 ini biasanya akan ditandai dengan adanya pelepuhan pada luka, timbul rasa nyeri, terjadi pembengkakkan dan muncul noda putih atau kemerahan pada kulit yang terbakar tersebut.

  • Luka Bakar Tingkat 3
    Luka bakar tingkat 3 adalah luka bakar berat. Luka bakar ini cukup berbahaya dan perlu penanganan lebih serius, karena luka tersebut tidak hanya menimbulkan goresan pada kulit saja tetapi juga merusak bagian lemak dan otot bagian tubuh yang terbakar. Selain mengakibatkan gangguan pada fisik si korban juga kemungkinan akan mengalami kekurangan oksigen atau susah bernafas. Pada tingkat luka bakar ini sangat dianjurkan untuk dilakukan penangan medis yang lebih serius dan diserahkan kepada ahlinya.
Manusia sebagai makhluk sosial tentunya akan timbul rasa ingin membantu jika terdapat seseorang yang terkena musibah seperti terkena luka bakar. Setidaknya kita harus mengtahui penanganan yang tepat dalam proses melakukan P3K sebagai orang awam. Ruangmedis.com akan memberikan sedikit tips dalam pelaksanaannya ;

Penanganan Luka Bakar Ringan

Pertolongan pertama pada korban kebakaran
Luka bakar ringan pada bagian tangan

  1. Lakukan sterilisasi pada suhu luka bakar si korban. Hal ini dapat dilakukan dengan cara dekatkan luka bakar pada air mengalir dan basuh sekitar 10 - 15 menit agar suhu luka bakarnya stabil (jangan gunakan air es).
  2. Langkah kedua adalah melepaskan semua aksesoris yang dipakai korban misalnya gelang dan cincin yang kebetulan luka bakarnya di bagian tangan, maka segeralah lepaskan aksesorisnya untuk menghindari pembengkakan pada luka bakarnya.
  3. Periksa luka bakar si korban dan pastikan tidak ada luka yang melepuh dari luka yang menggelembung untuk menghindari terjadinya infeksi. Apabila ada luka yang melepuh segeralah bersihkan dan lap dengan kain bersih lalu sterilkan kembali luka bakarnya.
  4. Pada tahap selanjutnya alangkah lebih baik segeralah hubungi tim MEDIS untuk penanganan lebih lanjut.

Penanganan Luka Bakar Berat

Pada kasus terjadinya luka bakar berat Ruangmedis.com menyarankan Anda untuk segera menghubungi tim MEDIS yang profesional di bidangnya, dan lakukan penanganan pertamanya sebagai berikut ini ;
Pertolongan pertama pada korban kebakaran
Luka Bakar Berat pada bagian Tangan


  1. Fokuslah pada korban kebakaran dan jauhkan dari kobaran api yang masih menyala agar benar-benar aman si korban tersebut.
  2. Apabila Anda melihat si korban kekurangan pernafasan maka segeralah berikan nafas buatan dengan metode dan cara yang benar.
  3. Perhatikan aksesoris yang di pakai oleh si korban dan lepaskan semuanya, seperti ikat pinggang, cincin, gelang dan sebagainya tetapi jangan sampai melepaskan pakaiannya karena untuk menghindari luka bakar yang semakin parah.
  4. Hindarkan luka bakar berat ini untuk dibenamkan ke dalam air dingin, supaya tidak terjadi syok pada korban.
  5. Segeralah tutup bagian luka bakar berat tersebut dengan menggunakan kain bersih atau perban yang lembab supaya nyaman bagi si korban.
Sahabat Medis yang penulis banggakan, demikianlah ulasan kali ini tentang "Pertolongan Pertama Pada Korban Kebakaran" versi Ruangmedis.com. Tetap berhati-hatilah dalam menjalankan aktifitas sehari-hari dan jangan lupa bahagia selalu supaya tidak stress. Semoga ulasan artikel ini bermanfaat dan menjadi salah satu referensi bagi Anda sahabat MEDIS.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pertolongan Pertama Pada Korban Kebakaran - Ruangmedis.com"

Post a Comment