MASIGNCLEAN103

Tutorial Pintar Membudidayakan Udang Galah Yang Menguntungkan

Tutorialpintar.com, Budidaya Udang - Tutorial Pintar Membudidayakan Udang Galah Yang Menguntungkan

Udang Galah adalah jenis udang yang dapat hidup dan berkembang biak di air tawar. Udang galah air tawar sudah banyak berkembang biak ke daerah Jawa dan Bali serta daerah lainnya yang berpotensi cukup besar. Membudidayakan udang galah sangatlah akan menguntungkan bagi para pembudidaya udang. Selain perawatannya yang tergolong simpel dan mudah, udang galah juga banyak diminati oleh penikmat udang baik lokal maupun mancanegara.

budidaya udang galah
Membudidayakan Udang Galah yang Menguntungkan

Udang galah dapat diolah menjadi berbagai masakan yang lezat dan mampu menggoyang lidah. Meski ukuran udang galah ini relatif tidak terlalu besar, namun tetap memiliki kandungan vitamin dan zat yang bermanfaat bagi tubuh manusia.

Tutorialpintar.com akan membagikan tutorial bagaimana membudidayakan udang galah yang menguntungkan. Berikut ini adalah ulasannya dan silahkan di simak;

1. LOKASI BUDIDAYA

Lokasi budidaya merupakan rumah atau tempat tinggal bagi si udang galah tersebut. Tentunya sebelum memikirkan ke hal yang lain, alangkah lebih baiknya pertimbangkan terlebih dahulu rumah yang cocok dan nyaman bagis si udang.

Udang galah yang merasa nyaman dan cocok dengan tempat tinggalnya, akan merasa bahagia layaknya manusia yang memiliki rumah nyaman, aman dan terpelihara. Lokasi budidaya harus dibuat senyaman mungkin baik dari segi suhu dan temperatur pencahayaannya.

Udang galah akan menyukai lokasi budidaya yang dibuat dengan ketinggian 0 - 700 meter DPL. Sirkulasi air harus bagus, bebas dari polusi dan pencemaran lainnya. Debit air yang dianjurkan untuk kolam budidaya udang galah ini yaitu 0,5 liter per detik untuk luasan kolam 300 - 1.000 meter persegi.

2. BAHAN DAN ALAT

Pembudidayaan udang galah tidak terlalu rumit untuk masalah bahan dan peralatannya. Peralatan yang dibutuhkan antara lain ; 
  1. Pengangkut benih
  2. Serokan
  3. Ember
  4. Seser
  5. Timbangan
  6. Ayakan halus
  7. Kain, dan
  8. Cangkul
Gunakan saja peralatan yang sudah tersedia di rumah Anda, dan apabila memang masih ada yang kurang silahkan di cari sampai dapat peralatan yang dibutuhkan tersebut.

3. PENGELOLAAN AIR

Pengelolaan air yang baik akan menghasilkan udang galah yang berkualitas dan menguntungkan bagi pembudidaya. Sirkulasi air haruslah mengalir supaya kotoran yang dikeluarkan udang galah tidak mengendap dan terhindar dari ancaman kematian si udang galah.

Apabila sirkulasi air di lokasi pembudidayaan tidak mengalir alias di kolam tertutup, maka disarankan untuk mengganti air sebanyak 30-50% agar kotoran udang galah tidak terlalu menumpuk dan kembali segar.

Adapun saran air yang bagus mencakup beberapa indikator, antara lain : 
  • Ph air 6,5 - 8,5 
  • Suhu oksigen optimum yang diperlukan adalah 28-30 terlarut minimal 4 ppm
  • Diperlukan Ca minimal 52 ppm, dan
  • Salinitas 0-5 ppt.

4. PENCEGAHAN HAMA DAN PENYAKIT

Terdapatnya Hama dan penyakit yang tersebar pada kolam pembudidayaan udang galah dapat diketahui dengan pemeriksaan secara visual terhadap organisme pengganggu.

budidaya udang galah
Udang Galah yang enak disantap


Hama dan penyakit ini sangat lah merugikan bagi pembudidaya udang galah, udang akan gampang sakit atau infeksi dan akhirnya udang tersebut mati yang mengakiatkan kerugian. Hama pemangsa perlu di waspadai juga karena akan menyebabkan berkurangnya habitat udang galah, hama pemangsa tersebut atau predator bagi si udang seperti ikan lele, gabus dan sejenisnya.

Penyakit yang umum terjadi pada udang dengan banyaknya lumut pada tubuh udang, disebabkan karena suhu air terlalu lembab dan terlalu dalam. Hal ini dapat diatasi dengan solusi memasang kincir air di kolam pembudidayaan atau kolam pembibitan agar suhu air bisa menyesuaikan dan terjadi penguraian.

5. MASA PANEN UDANG GALAH

Panen udang galah adalah waktu yang dinanti oleh pembudidaya karena dapat segera menjual atau pun mengkonsumsi udang galah hasil budidaya. Udang galah yang siap di panen umumnya berumur 4 - 6 bula. Udang galah yang sudah siap di panen biasanya ukurannya pun disesuaikan dengan kebutuhan si pembeli atau si penjual.

Nah, itulah ulasan artikel tentang "Membudidayakan Udang Galah yang Menguntungkan" versi Tutorialpintar.com, dan jangan lupa berikan komentarnya di kolom komentar atau melalui chat personal ke kontak form.
Share This :